Kamis, 30 November 2017

NAYPYIDAW KOTA HANTU TIDAK BERPENGHUNI


Beritaduniateraneh - Naypyidaw yang berlokasi di desa Kyatpyae, Kota Pyinmana Provinsi Mandalay merupakan ibu kota nasional Myanmar yang sekarang. Ibu kota biasanya merupakan pusat perekonomian suatu negara karena dengan padatnya jumlah penduduk otomatis banyak infrastruktur dan lapangan pekerjaan yang akan di sediakan. Naypyidaw merupakan kota yang luasnya enam kali lebih besar dari New York, namun kota ini mendapat sebutan sebagai kota teraneh di dunia karena di kota ini hampir tidak ada penduduknya.


Di Naypyidaw hanya ada sedikit penduduk dan pegawai pemerintah yang terlihat beraktivitas, meski memiliki luas yang mampu menampung lebih dari satu juta penduduk tapi kota ini hampir sepenuhnya di tinggalkan oleh penduduknya. Restoran dan hotel yang lengkap dengan sistem wifi juga jarang di gunakan karena tidak ada pelanggan. Alat transportasi juga hanya sedikit yang nampak berlalu lalang.


Pemerintah di taksir sudah menghabiskan miliaran dollar untuk membangun negara ini, hal ini terbukti dari bangunan, jalan raya dan infrastruktur yang sudah di bangun. Naypyitaw di bangun di hamparan tanah yang sebelumnya kosong sehingga bukan hal yang sulit bagi pemerintah untuk membuat bangunan luas dengan jarak rata - rata 100 meter lebih dari jalan raya.


Pemindahan ibu kota Myanmar dari Yangoon menjadi Naypyidaw yang sudah satu dekade juga sempat membuat penduduk bingung. Tidak ada yang tahu kenapa kota ini menjadi seperti sekarang, seperti kota hantu tidak berpenghuni. Pemerintah bahkan melarang ada turis asing mengunjungi kota ini kecuali memiliki izin dari pihak berwenang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisah Cinta 4 Bos Teknologi Dunia asal China

Beritaduniateraneh - Di balik kesuksesan seorang suami selalu ada peran hebat sang istri yang selalu menemani, begitu pula dengan sukses...